Mengenal Egyptian Museum Cairo

//Mengenal Egyptian Museum Cairo

Mengenal Egyptian Museum Cairo

Salah Satu Destinasi Wisata Tour Aqso Napak Tilas Bumi Rasul yang di adakan TourAqso.com di negara Mesir adalah The Egyptian Museum di Kairo Pemerintah Mesir mendirikan museum pada tahun 1835 di dekat Taman Ezbekeyah. Museum ini segera pindah ke Boulaq pada tahun 1858 karena bangunan aslinya terlalu kecil untuk menampung semua artefak. Pada tahun 1855 tak lama setelah artefak dipindahkan, Archduke Maximilian dari Austria diberi semua artefak. Dia menyewa seorang arsitek Prancis untuk merancang dan membangun sebuah museum baru untuk barang antik. Gedung baru itu akan dibangun di tepi Sungai Nil di Boulaq . Pada tahun 1878 setelah gedung museum selesai kemudian mengalami beberapa kerusakan kecil, banjir dari Sungai Nil menyebabkan barang antik selanjutnya direlokasi ke museum lain di Giza. Artefak tetap di Giza sampai 1902 ketika museum dipindah hingga saat ini di Tahrir Square.

Museum ini adalah rumah bagi ribuan koleksi barang-barang antik dari zaman Mesir Kuno. Setidaknya ada 120.000 benda bersejarah yang tersimpan di museum ini. The Museum of Antiquities merupakan museum terbesar di Kairo dan telah dibuka kembali sejak Oktober 2015 lalu setelah lama ditutup akibat terjadinya Revolusi Mesir. Museum Kairo menyimpan banyak ‘potongan’ penting dari sejarah Mesir Kuno. Bahkan mumi-mumi Firaun pun tersimpan di sini.

Selama Revolusi Mesir tahun 2011, museum ini rusak dan dua mumi dilaporkan hancur. Beberapa artefak juga terbukti telah rusak. Sekitar 50 benda hilang. Sejak peristiwa itu, pengelola museum melakukan tindakan sigap dan berhasil menemukan 25 benda yang hilang. Benda-benda tersebut kembali dipajang di museum. September 2013, museum mulai dipulihkan dan dibuka secara resmi pada Oktober 2015.

Ada dua lantai utama di museum ini, lantai dasar dan lantai pertama. Di lantai dasar ada koleksi papyrus dan koin yang digunakan pada zaman kuno. Koin-koin tersebut tidak hanya berasal dari Mesir tetapi juga merupakan peninggalan peradaban Yunani, Romawi dan Islam. Di lantai dasar juga terdapat artefak dari kerajaan baru Mesir yang ada antara tahun 1550 dan 1069 Sebelum Masehi. Artefak ini umumnya berupa patung-patung, meja dan peti mati (sarkofagus).

Sementara di lantai pertama terdapat makam para Firaun seperti Firaun Thutmosis III, Thutmosis IV, Amenophis II, dan Hatshepsut. Adapula mumi utuh dari Firaun Tutankhamun dan Psusennes I. Di sini ada dua ruangan khusus yang menyimpan mumi-mumi raja dan keluarga kerajaan. Salah satu yang cukup menarik perhatian wisatawan adalah keberadaan mumi Rameses II yang diyakini sebagai Firaun pada zaman Musa AS. Mumi Rameses II sampai saat ini masih dipamerkan di the Royal Mummies Chamber, Museum Kairo, Mesir. Mumi ini menjadi salah satu daya pikat kuat dari Museum Kairo hingga mampu menarik jutaan wisatawan dunia setiap tahunnya.

Ada dua lantai utama museum, lantai dasar dan lantai pertama. Di lantai dasar ada koleksi papirus dan koin yang digunakan dalam dunia kuno. Berbagai potongan papirus umumnya fragmen kecil, karena pembusukan mereka selama dua ribu tahun terakhir. Beberapa bahasa yang ditemukan pada potongan-potongan ini adalah Yunani, Latin, Arab, dan Mesir Kuno dari tulisan hieroglif. Koin-koin yang ditemui di lantai dasar terbuat dari bermacam logam berbeda termasuk emas, perak, dan perunggu. Koin-koin tersebut tidak hanya Mesir, tetapi juga Yunani, Romawi, dan Islam. Hal ini telah membantu sejarawan penelitian sejarah perdagangan Mesir Kuno. Juga di lantai dasar adalah artefak dari Kerajaan Baru, jangka waktu antara 1550 dan 1069 SM. Artefak ini umumnya lebih besar dari koleksi abad sebelumnya. Barang-barang termasuk patung, meja, dan peti mati (sarkofagus).

Di lantai pertama ada artefak dari dua dinasti terakhir Mesir termasuk barang dari makam para Firaun Thutmosis III , Thutmosis IV , Amenophis II , Hatshepsut , dan punggawa Maiherpri , serta banyak artefak dari Lembah Para Raja.

Jika Anda ingin berkunjung ke Egyptian Museum, Tunggu apalagi, silakan hubungi Staf TourAqso.com untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan Tour Aqso.

0812-8786-2420 ( Call, Whatsapp)

By | 2019-03-05T06:05:55+00:00 March 5th, 2019|tour mesir|Comments Off on Mengenal Egyptian Museum Cairo